Battleship(2012)



Director: Peter Berg
Writers: John & Erich Hoeber
Cast: Taylor Kitsch, Alexander Skarsgard, Rihanna, Liam Neeson, Tadanobu Asano, Brooklyn Decker,John Tui, Jesse Plemons.
Genre: Action/Sci-Fi

 









“Motherf…. Fire!”

Sebuah film yang diangkat dari permainan Battleship dan kini Peter Berg mengadaptasinya sebagai sebuah film aksi. Sebuah invasi alien dikarenakan komunikasi oleh manusia dan diterjemahkan untuk menjajah bumi oleh Para Alien. Kemudian para pelaut pun berusaha melawan mereka.

Sebuah film yang sebenarnya bias dibilang hanya mengambil unsur  fun saja tanpa harus berpikir banyak dikarenakan hanya hiburan semata. Sejak awal film saya cukup menikmati dimana ada unsur komedi yang sengaja diperkenalkan untuk karakter utama yaitu Stone Hooper dan Alex Hooper. Namun entah kenapa Berg seperti kebingungan setelah alur tersebut, karakter dari ‘bukan siapa-siapa, menjadi ,pahlawan, memang sudah menjadi pakem Hollywood selama ini. Kali ini, bias dibilang ya lumayan heroik  seorang Alex ini, tapi sialnya dia benar2 kaku dan tidak terlihat kepahlawanannya. Plotnya sendiri dibuat konyol. Melawan alien dengan kapal laut? Yang benar saja. Banyak dialog yang lumayan ‘bodoh’ sehingga jelas menganggu  jalan film ini sendiri.  Final battle nya lumayan mengasyikkan. Coba saja secara keseluruhan film ini mengasyikkan, akan beda cerita. Belum lagi beberapa plothole yang menambah kekacauan Battleship.

Dari segi cast, boleh dibilang hamper semua pemain bermain ‘lepas’. Lepas dalam artian mereka benar bias digantikan oleh siapapun, tidak ada yang memorable sama sekali. Taylor Kitsch berusaha cool sebagai seorang perwira pelaut namun hanya bisa berteriak dan berbicara kalem tanpa wibawa apapun, Alexander? Sama saja. Tidak ada yang bisa diharapkan. Asano menjadi actor yang mencuri perhatian di film ini. Rihanna? Aktingnya lumayan dan bisa digantikan oleh aktris lain sebenarnya. Neeson? Termasuk daya tarik film ini dan aura “Neesoniscm”  nya tetap saja ada. Jadi saya seperti melihat Liam Neeson, bukan karakter di film tersebut. Cast lainnya? Banyak teriak, mengeluh dan kemudian menjadi heroik yang sialnya tidak mengesankan.
Peter Berg sukses membuat film ini tidak ada juntrungannya. Bayangkan betapa membingungkannya Battleship sehingga ke arah manapun, Battleship hanya seru di final battle dan sisanya hanya sebuah parodi. Berterima kasihlah pula kepada Hoeber bersaudara dimana mereka sebagai penulis film ini pun menjadikan Battleship sebagai plot nihil yang dipaksakan menjadi sebuah film. Dari segi special efek, lumayan menjadi poin lebih. Steve Jablonsky yang bertanggung jawab dalam seksi musik di film ini pun tidak bisa lepas dari scoring Transformers nya, jadi tidak mengesankan sama sekali. Memang banyak lagu rock yang mengiringi film ini, lumayan untuk menghibur kebosanan. 

Overall, Battleship merupakan film yang banjir efek namun disertai plot nihil, akting nihil dan lengkap sudah hancurnya film ini.

Score: 4/10

Comments

  1. payah banget cerita film ini. para pelakonnya enggak bisa berakting lebih baik lagi apa?
    kalo soal adegan aksi & efek visualnya boleh juga lah. baru kali ini melihat kapal dari luar angkasa melakukan lompat katak. hehehehehe....

    -bobby-

    ReplyDelete

Post a Comment