Review: Superman The Movie (1978)


Director: Richard Donner
Story: Mario Puzzo
Screenplay: Mario Puzzo, Leslie Newman, David Newman, Richard Benton.
Cast: Christopher Reeve, Marlon Brando, Gene Hackman, Jackie Cooper, Margot Kidder.
Composer: John Williams
Genre: Superhero, Drama, Romance, Action.




"You'll Believe A Man Can Fly"


Tepat 35 tahun yang lalu, Richard Donner bersama produser Alexander dan Ilyand Salkind membuat sejarah. Mereka membuat sebuah megahit blockbuster: Superman The Movie. Sebuah film yang menjadi fondasi bagi perfilman superhero era kini. Christopher Reeve pun merupakan mutiara yang memang dtakdirkan sebagai Superman. Film ini disutradarai oleh Richard Donner dan dibintangi pula oleh Marlon Brando, Gene Hackman, Jackie Cooper dan Margot Kidder.Mereka mengiringi kita cerita tentang seseorang superhero berkostum biru dan jubah merahnya itu.



Di suatu planet jauh nan disana yaitu Krypton, telah lahir seorang anak yatu Kal El. Jor El ayahanda dari Kal El, memutuskan mengirimkan anaknya ke suatu planet bernama bumi. Hal ini dikarenakan Krypton akan mengalami kiamat. Sementara itu, Jonathan Kent dan Martha yang sedang membenarkan mobil tidak menyangka ada sebuah meteor jatuh ke bumi. Sebuah anugerah yaitu Kal El tiba di bumi dan mereka menganggapnya sebagai anak bernama Clark Kent. Hingga akhirnya Clark dewasa dan siap menentukan takdirnya sebagai pelindung bumi, melalui kekuatan supernya. Ia pun bekerja sebagai wartawan di Daily Planet dimana Perry White menjadi atasannya serta Lois Lane sebagai rekan kerjanya. Seketika, ancaman datang dari seseorang yang kaya dan ingin menguasai bumi yaitu Lex Luthor. Superman pun harus melawan penjahat satu ini untuk melindungi umat manusia.




Dengan durasi 2 jam 30 menit, semua adegan yang ada di film ini memang pas. Terasa lama? Malah saya merasakannya cepat sekali. Bagaimana plot nya mengalir dengan enak. Unsur drama yang membuat karakter Superman begitu membumi dan aksi dengan kadar yang pas. Saya pun mengakui, setiap scene di film ini sangat monumental dan berharga. Walaupun film ini sedikit memiliki cela di bagian akhir, semua itu tertutupi oleh scene yang epik dari seseorang yang kita percaya bisa terbang ini.




Christopher Reeve sukses membuat ikon Superman begitu melekat di dirinya. Ia sudah mempersiapkan dengan betul dengan akting dengan identitas berbeda. Bahkan saya sendiri takjub ia bisa menjadi Clark Kent yang kikuk, kemudian bertransformasi menjadi sosok super yaitu Superman. Marlon Brando memang luar biasa, kharisma nya sebagai Jor El memang menjadi daya tarik lainnya dan aura bijaknya merupakan kunci lainnya. Gene Hackman sukses sebagai Lex Luthor, penjahat yang mempunyai ide licik yang laten dan juga nyentrik. Apalagi ketika scene Luthor bersama Superman, begitu intens dan imengintimidasi. Sebagai rekan kerja dan pasangan romantisnya, Margot Kidder pun mempunyai chemistry dan daya tarik yang enak untuk dipandang. Walaupun memang karakter Lois tidak seperti itu di komiknya.



Memang butuh orang yang tepat untuk membuat film mengenai Superman. Dengan tanggung jawab yang berat ini, Richard Donner membuat film ini berada pada level tertinggi yang sulit ditandingi. Ia mengarahkan adegan demi adegan yang membuat saya tidak bosan. Hal ini pun didukung dengan skrip yang bagus dari Mario Puzo dan kemudian ditulis. Tim produksi dan Donner sendiri pun mengerti keterbatasan mereka dalam segi spesial efek, namun untuk ukuran jaman tersebut memang megah. Apalagi scene terbangnya pun layak dikenang. Mario Puzzo, David Newman, Leslie Newman serta Robert Benton membuat kombinasi cerita yang megah dan epik. mereka mampu menghidupkan karakter Superman menjadi seseorang yang melegenda ini. Salah unsur yang tidak kalah supernya yaitu John Williams. Begitu main theme dari Superman ini berkumandang, begitu membahana, megah dan juga dahsyat. Sebuah kombinasi dari tim produksi yang hebat.


Walaupun film ini sudah lama sekali, namun saya percaya film ini tidak akan pernah lekang oleh waktu. Film ini memberikan suatu standar, suatu momen dimana film superhero bukanlah film yang biasa saja. Hingga akhirnya anda akan percaya... bahwa seseorang bisa terbang dengan indah. A Well Recomended!



Superman The Movie score: 4,9/5

Comments