Film Lama Kenapa Baru Ditonton?

Sebuah pertanyaan yang menggelitik saya  beberapa hari ini:
"Kenapa kamu baru menonton film tersebut? Padahal sudah lama dirilisnya?"



Sebenarnya lumrah saja karena saya sendiri baru menemukan atau berkesempatan untuk menonton film tersebut. Entah berjarak setahun, 5 tahun, atau hampir seabad. Tidak semua film yang saya ingin tonton bisa dinikmati karena berbagai alasan.

  1. Filmnya baru ketemu
  2. baru ada waktu untuk menontonnya
  3. Kembali ke 2 poin diatas
Bukan saya saja yang mengalaminya, tetapi beberapa teman yang hobi menonton ataupun reviewer yang mungkin sama persis dengan hal diatas. Kalaupun ketemu, tergantung saya juga apakah ingin segera menontonnya atau tidak. Rasanya memang tidak masalah karena hobi menonton tidak selalu mengharuskan saya update atau takut ketinggalan. Paling yang saya hindari adalah spoiler atau bocoran dari film tersebut sehingga membuat nafsu menonton saya akan terganggu. 


 1 dekade, triwulan, atau jarak waktu lainnya, itu bukan lah hambatan untuk anda bisa menonton film. Saya memiliki teman yang suka sekali dengan film klasik dimana kebanyakan orang kini cenderung menonton film yang lebih baru. Namun motivasinya jelas patut diacungi jempol. Film era 40-50an sudah menjadi menu utamanya.


Melanjutkan pembahasan diatas.  Seringkali, beberapa orang yang saya tanyakan apakah mereka tertarik untuk menonton film jaman dahulu? Mayoritas bilang tidak terlalu tertarik karena hitam putih atau sudah terlekang jaman. Padahal tidak ada salahnya untuk menontonnya sebagai sejarah dimana pada masa tersebut. Bisa juga film berjarak satu tahun yang dulu sudah ramai diperbincangkan sehingga anda mungkin dikategorikan 'penonton basi'.


Satu jawaban dari teman saya mengenai film yang sudah lama dan baru sempat ditonton:

"Kalau kamu menonton film lama itu tidak masalah. Film bagus tidak akan pernah basi atau usang"


Pada akhirnya, saya tidak pernah merasa ragu untuk menonton film tersebut. Walaupun pertanyaan itu akan terulang, namun motivasi saya untuk menonton jelas tidak akan pudar.

Comments