Review: Se7en (1995)


Director: David Fincher 
Cast: Morgan Freeman, Brad Pitt, Gwyneth Paltrow 
Writter: Andrew Kevin Walker 
Film ini diperuntukkan untuk dewasa dikarenakan adanya adegan telanjang dan kesadisan yang cukup eksplisit. 



  ''Gluttony, Greed, Sloth, Wrath, Pride, Lust, and Envy''


David Fincher merupakan salah satu sutradara yang bertalenta, tidak perlu diragukan. Sejauh ini saya baru menonton karyanya yaitu The Social Network, Zodiac dan The Girl With The Dragon Tattoo. Hampir keseluruhan saya menyukainya. Tapi ternyata, pada tahun 1995 dia menyutradarai sebuah film yang gila nya minta ampun, Se7en. Dibintangi oleh Morgan Freeman, Brad Pitt dan Gwyneth Paltrow. 

Filmnya sendiri mengenai seorang polisi yang sudah menjelang pensiun Detektif William Somerset yang masih menginginkan satu kasus terakhirnya bisa terselesaikan. Kebetulan ada polisi muda yang baru di transfer, Detektif David Mills yang tertarik pula dengan kasus tersebut. Ia pindah ke kota tersebut bersama istrinya dan menempati rumah yang tidak nyaman sama sekali. Dua detektif ini dari awal sudah sering adu argument, mengingat keduanya ini beda kepribadian. Somerset yang kenyang pengalaman lebih kalem dan berpikir matang2 sebelum bertindak sedangkan Mills yang masih egois dan juga terburu2 dan cepat naik darah. Kasus yang mereka tangani dikiranya perkara mudah. Namun ternyata si penjahat ini melakukan 7 kasus dimana setiap hari ada 1 kasus dari motif 7 dosa: Kebanggaan, Kerakusan, Iri, Hasrat, Keserakahan, Kemalasan, dan Kesombongan. Mereka sendiri kebingungan dan juga ngeri karena kasus ini tidak main-main dan secara logika saja sudah menakutkan. Dan bayang2 kejahatan ini pun mengancam mereka berdua lebih dalam dan juga resiko yang jauh lebih mencekam.
 


Aha, disini Brad Pitt (Troy, Ocean Eleven, Moneyball )mengesankan saya. Di Se7en, aktingnya sebagai Mills memberikan kesan yang mendalam. Bagaimana ia melebur menjadi seorang polisi muda yang mudah marah, emosional dan kadang suka bertindak semaunya. Bahkan disini Pitt rela urak2an plus tidak menarik. Morgan Freeman (The Shawsank Redemption)sebagai Somerset adalah karakter yang simpatik. Terlihat bagaimana Freeman membawa Somerset sebagai karakter yang kalem dan juga penuh perhitungan. Memang di beberapa film karakter dia ada yang sama tipikalnya, tapi disini pun mengesankan. Gwyneth Paltrow (Iron Man) walaupun scene nya tidak banyak tapi bisa menghidupkan karakter istri Mills yang tegar namun sebenarnya rapuh. Plus karakter si penjahat yang saya benar2 sampai tidak habis pikir mengenai motif si pelaku. Dari 3 kejahatan awalnya saja sudah bikin mata terbelalak. Cerdasnya pun tidak main2 mengenai alasan semua pembunuhan yang dia lakukan
Ini adalah karya David Fincher setelah sebelumnya dia stress menangani Alien 3 (saya belum menonton film ini). Pemikiran Fincher yang matang2 serta pemilihan cast yang dibutuhkan memang sebuah pilihan yang brilian. Secara alur film ini memberikan intensitas drama, thriller, crime-suspence dan ikatan batin yang kuat. Terlihat sekali dari awal adegan Fincher seperti tipikalnya membiarkan filmnya mengalir namun memberikan beberapa kejutan. Beberapa scene jujur sangat menganggu, Karena korban2nya sendiri di eksekusi dengan cukup sadis. Apalagi untuk saya yang kurang suka dengan scene2 yang menjijikkan, film ini sudah bikin mual. Lalu kepada siapa kita memberikan kredit atas semua cerita gila ini? Andrew Kevin Walker merupakan orang yang bertanggung jawab dalam hal ini. Latunan suara mencekam, dramatis dan juga mendebarkan sukses dilaksanakan oleh Howard Shore. Saya terkesan dengan bagian scoring di film ini. Pun sinematografi oleh Darius Khondji yang membuat Se7en di berbagai adegannya keren sekali. 

Bagi anda yang suka dengan crime suspence dan kejahatannya bener-bener gila, film ini adalah pilihan yang tepat untuk ditonton. Walaupun telat menontonnya tapi saya tidak menyesal baru menontonnya sekarang. A Well Recommended dan salah satu film terbaik dari David Fincher!



Se7en score: 5/5

Comments