Review: Before Sunrise (1995)


Director: Richard Linklater
Writer: Kim Krizan, Richard Linklater, Ethan Hawke & Julie Delpy (Uncredited)
Cast: Ethan Hawke, Julie Delpy
Genre: Romance









Cinta pada pandangan pertama? Basi. Cinta baru ketemu? Basi juga. Bagaimana kalau cinta pada pandangan pertama ini diramu menjadi sesuatu yang baru diselingi dialog dan obrolan yang bervariasi dan bukan soal cinta? Bersama Ethan Hawke sebagai Jesse dan Julie Delpy sebagai Celine maka anda akan diajak untuk menyelami sisi kehidupan cinta lainnya. 



Celine dan Jesse tidak sengaja bertemu di kereta api dalam perjalanan mereka di Eropa. Ketika mereka bertemu pun, bukannya saling menggoda atau melirik gombal mereka malah langsung berbincang yang diluar konteks suatu hal romansa. Obrolan mereka ini bermacam2. Bahkan Jesse seperti tertarik dalam setiap obrolannya dengan Celine yang 'nyambung'. Sengaja turun di salah satu negara di Eropa, mereka melanjutkan perbincangan mereka hingga esok pagi. Perbincangan mereka yang tidak ada habisnya bahkan hingga masa waktu yang sudah habis mereka tentukan.


Nah rata2 film romantis kadang haruslah menggombal, melodramatis atau juga tragis , tapi tidak untuk Before Sunrise. Before Sunrise menyajikan berbagai aspek baru dalam hal dialog yang tidak membosankan selama 2 jam film ini berlangsung. Kalau anda berharap momen cinta konyol tipikal hollywood? Hal ini tidak akan terjadi disini.


Performa Delpy dan Hawke tidak perlu diragukan. Setiap kata2 maupun gerak gerik mereka sudah lengkap untuk menyatukan chemistry mereka. Hawke tanpa ragu memberikan obrolan seorang pemuda yang necis tapi realistis. Begitupun Delpy yang memberikan aura pesona nya sebagai seorang gadis yang masih mencari jati diri. Sebenarnya keduanya masih sama-sama mencari jati diri. 


Dari segi penceritaan, memang tipikal film ini jarang2 yang bisa menikmati. Tapi anda akan terbuai dengan dialog nan 'romantis' yang berbeda dari biasanya. Berterima kasihlah pada Kim Krizan dan Richard Linklater (dimana film ini pun berbasis pada pengalaman Linklater juga). Pengambilan gambarnya begitu fokus pada keduanya dengan kuat, berbarengan dengan citarasa beberapa tempat yang mereka kunjungi menjadi begitu spesial. 


Tidak banyak kata2 yang mampu mendeskripsikan film ini memang. Saya sendiri takjub dengan film yang 'menempeleng' doktrin film romantis selama ini. Performa luar biasa dari Linklater-Delpy-Hawke ini jelas sangat saya rekomendasikan untuk ditonton. Splendid!


Before Sunrise Score: 5/5

Comments

  1. aku belum pernah nonton, tapi sepertinya bakalan membosankan... IMO loh ya...;)

    -Bob-

    ReplyDelete

Post a Comment