Review: Before Sunset (2004)

 
Director: Richard Linklater

Writer: Richard Linklater, Kim Krizan, Ethan Hawke, Julie Deply

Cast: Ethan Hawke, Julie Delpy

Genre: Romance



Film romansa yang menceritakan kedua orang yang hobi ngobrol ini kembali berlanjut. Masih bersama Richard Linklater yang menyutradarai film ini dan anda akan ditemani pula bersama Hawke dan Delpy, membicarakan banyak hal dalam "Before Sunset"


9 tahun setelah pertemuan, Jesse menerbitkan sebuah buku yang terinspirasi dari kisah dia dengan Celine. Pada hari itu ia pun melakukan konfrensi pers di Paris untuk penerbitan buku karyanya. Tak dinyana, di tempat itu ia pun bertemu kembali dengan Celine. Jesse kemudian mengatur waktunya untuk bisa berbincang kembali dengan wanita itu sebelum jadwal keberangkatan pesawatnya. Sebelum matahari terbenam... mereka kembali mengobrol dan banyak hal yang terkuak selama 9 tahun mereka terpisah...


Film ini dibuka dengan kuat baik alur maupun karakteristik. Kualitas dari film pertamanya masih terjaga di sekuelnya ini walaupun durasi nya hanya 1 jam setengah. Obrolan mereka selama durasi tersebut tetap tidak membosankan. Intensitas obrolan mereka pun meningkat, dikarenakan pengalaman hidup mereka dan umur yang bertambah dari karakter tersebut.


Hawke maupun Delpy lagi-lagi mempesona saya lewat dialog mereka dan chemistry yang kuat. Jika pada 9 tahun sebelumnya mereka benar-benar 'muda dan bodoh (dalam konotasi positif)', keduanya baik Celine dan Jesse sudah kaya pengalaman dari kehidupan mereka selama jeda waktu tersebut. Jesse yang seakan termakan omongannya sendiri di Sunset ataupun Celine yang terlihat lebih matang. Adanya kejutan di pertengahan menjelang akhir film inilah yang mengangkat Sunset lebih baik lagi dari Before Sunrise.


Linklater disini menyutradai dengan lepas. Ia membawa penonton ke arah babak berikutnya dari Jesse dan Celine ke hal-hal yang baru. Baik Linklater,Delpy dan Hawke meramu ceritanya dengan apik. Pun sinematografinya yang indah mengeksplor keindahan Paris dikala menjelang sore usai. Lokasi yang dipilih juga bagus nan romantis. Long take/pengambilan gambar panjang yang jadi senjata andalan mereka pun dimaksimalkan dengan sempurna. Anda pun akan dimanjakan dengan alunan lagu yang dinyanyikan oleh Julie Delpy sendiri yang menyumbangkan suaranya untuk mengiringi Before Sunset.




Overall, kepuasan saya dan bahkan saya tidak bosan-bosannya untuk mengulangi menonton film ini, sama halnya ketika saya menonton Before Sunrise. Pengalaman yang tidak terlupakan. Saya pun menantikan kolaborasi mereka untuk yang ketiga kalinya di Before Midnight yang tayang pada tahun ini. What a great moment with nice sequel of romance...

Before Sunset Score: 5/5

Comments

Post a Comment